Sosok Pengganti kursi Manajer Chelsea

Pemilik Chelsea Roman Abramovich akan mengumumkan Avram Grant sebagai pengganti Jose Mourinho sebagai pelatih The Blues. Asisten pelatih Chelsea Steve Clarke yang selama ini mendampingi Mourinho, akan tetap dipertahankan mendampingi Grant.

Grant (52) saat ini menjabat sebagai Direktur sepakbola Chelsea. Ia direkrut Abramovich dari Portsmouth tahun 2003 ketika menjabat sebagai Direktur Teknik Portsmouth.

Keputusan Jose Mourinho hengkang dari Chelsea telah membuat orang bertanya-tanya mengenai Avram Grant yang kemudian ditunjuk menggantikannya. Siapakah Grant sesungguhnya?

Grant lahir 6 Mei 1955 di Petah Tikva, Israel. Ia mengawali karirnya di dunia sepakbola sebagai pelatih tim junior di klub Hapoel Petah Tikva pada 1970-an dan awal 1980-an. Lepas dari tim junior, Grant mendapat pekerjaan lebih besar di beberapa klub ternama Israel. Ia melatih Maccabi Tel Aviv dua kali (1991-1995 dan 1997-2000) dan Maccabi Haifa (2000-2002) di mana ia merebut gelar juara liga dan piala liga.

Mei 2002, Grant ditunjuk sebagai pelatih tim nasional Israel setelah Richard Moeller Nielsen mengundurkan diri. Posisi itu dipegangnya hingga 2006. Di bawah asuhannya, Israel sempat tampil mengecewakan pada Euro 2004, lalu gagal merebut tempat playoff ke putaran final Piala Dunia 2006, walau tak terkalahkan dalam fase grup dan menempati peringkat ketiga di bawah Prancis dan Swiss.

Pada musim semi 2006 – ketika ia dijagokan menjadi pelatih Hapoel Tel Aviv, yang dirancang sebagai pemasok pemain untuk Chelsea – Grant bertemu dengan Roman Abramovich. Pertemuan di Tel Aviv itu merupakan awal pertemanan Grant dengan sang pemilik Chelsea.

Akan tetapi negosiasi yang dilakukan Levi Leviev, teman Abramovich, untuk membeli Hapoel gagal, dan Grant pindah ke Inggris. Di sanalah ia ditunjuk sebagai direktur teknik Portsmouth pada Juli 2006, si mana klub itu sebagian dimiliki Alexandre Gaydamak, anak miliuner Rusia Arkady Gaydamak, pemilik klub juara liga Israel Beitar Jerusalem.

Selanjutnya Grant meninggalkan Portsmouth untuk menjabat direktur sepak bola Chelsea.

Ketika Jose Mourinho, pelatih Chelsea memutuskan keluar hari Kamis ini, Avram Grant ditunjuk menggantikannya bersama Steve Clarke.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: