2011 Pemilu Lewat Ponsel Siap Digelar

Keinginan sebagian orang untuk menyalurkan hak pilihnya melalui ponsel, nampaknya sebentar lagi akan segera terwujud. Penerapan inovasi baru dalam pemilihan umum ini akan dimulai dari Negara Estonia.

Parlemen di negara Eropa Timur tersebut, telah membuat kesepakatan dengan mengizinkan para pemilih untuk menggunakan ponselnya sebagai alat untuk memilih anggota parlemen di Estonia. Penerapan teknologi informatika ini akan dimulai pada tahun 2011.

“Sebelumnya kami, telah sukses menggelar pemilu melalui internet. Sedangkan, Sistem yang memungkinkan masyarakat memilih via ponsel, kami jamin sangatlah aman,” jelas Liia Hanni, Programme Director di Estonian e-Governance Academy Foundation, seperti yang dikutip Reuters, Sabtu (13/12/2008).

Penyalurah aspirasi ini, nantinya akan menggunakan Sim Card khusus yang akan diberikan kepada masyarakat. Hal ini, untuk mencegah pemalsuan identitas, ataupun pemilih memilih lebih dari dua kali.

“Sim card tersebut, sangat canggih. Dan tim IT dari komisi pemilihan umum telah menegaskan, hacker pun tidak dapat menembus jaringan ini,” tandas Hanni.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: